Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas layanan sekolah kepada pelanggan diperlukan Upaya untuk membangun teamwork yang kondusif melalui komunikasi Interpersonal. Proses yang mempengaruhi keberhasilan teamwork tersebut adalah indvidual character (skill, pengetahuan dan kecocokan tujuan personal dengan organisasi dan komitmen), task characteristic (kejelasan tujuan, beban kerja), task related (penafsiran situasi, manajemen diri), team related (interaksi internal tim, dukungan), task outcome (kepuasan kerja, ketercapaian tujuan) dan team outcame (saling percaya, saling menghargai, visi bersama). Selaras dengan hal tersebut SMKN 3 Denpasar pada HUT ke 47 melaksanakan FGD dengan tema “Effective teamwork begins and ends with communication.”
Kegiatan ini diikuti oleh 1 orang Fasilitator yaitu Kepala SMKN 3 Denpasar (Drs. A.A Bagus Wijaya Putra, M.Pd), Moderator, Ibu Nyoman Aris Suparni, S.Pd.,M.Pd (Waka Kurikulum), Notulen, Pande Putu Kurniawan, S.Pd.,M.Pd dan I Gusti Ayu Putu Astini, S.Pd.,M.Sos, peserta dari Kompetensi Keahlian Perhotelan berjumlah 4 orang guru, Kompetensi Keahlian Kuliner, 3 orang guru, Kompetensi keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut serta Tata Busana masing-masing 2 orang guru. Kemudian peserta perwakilan dari guru umum sebanyak 4 orang, perwalilan dari guru BK, 2 orang dan dari staf tata usaha sebanyak 2 orang, kemudian dari siswa diwaliki oleh 2 siswa.
Kegiatan FGD dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 bertempat di ruang bangket SMKN 3 Denpasar. Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :
Output : Teridentifikasinya masalah yang ada dalam komunikasi intrapersonal di SMKN 3 Denpasar, Teridentifikasinya kekuatan yang dimiliki dalam membangun komunikasi dan penguatan teamwork, Teridentifikasi rencana strategis dalam penguatan teamwork
Outcome : Tersusun rencana kerja dan tindak lanjut dari kegiatan FGD, Tersusun rencana penguatan teamwork dan Terlaksana kegiatan penguatan teamwork melalui strategi implementasi efektif terhadap kualitas layanan organisasi sesuai tupoksi masing-masing seperti ( penelusuran kepuasan pelanggan, publikasi produk inovatif, projek Tefa, MGMP dan PKB)