Kegiatan FGD (Fokus Group Discussion) Tahun 2023

Berita

Dalam  rangka  peningkatan  mutu  dan  kualitas  layanan  sekolah  kepada pelanggan  diperlukan  Upaya  untuk  membangun  teamwork  yang  kondusif melalui komunikasi   Interpersonal.   Proses   yang   mempengaruhi  keberhasilan   teamwork tersebut  adalah   indvidual   character   (skill,   pengetahuan  dan  kecocokan   tujuan personal  dengan  organisasi  dan  komitmen),  task  characteristic   (kejelasan  tujuan, beban kerja), task related (penafsiran situasi, manajemen diri), team related (interaksi internal tim, dukungan), task outcome (kepuasan kerja, ketercapaian tujuan) dan team outcame   (saling  percaya,  saling  menghargai,  visi  bersama).  Selaras  dengan  hal tersebut  SMKN    3   Denpasar  pada  HUT  ke  47  melaksanakan  FGD  dengan  tema “Effective teamwork begins and ends with communication.”

Kegiatan ini diikuti oleh 1 orang Fasilitator yaitu Kepala SMKN 3 Denpasar (Drs. A.A Bagus Wijaya Putra, M.Pd), Moderator, Ibu Nyoman Aris Suparni, S.Pd.,M.Pd (Waka Kurikulum), Notulen, Pande Putu Kurniawan, S.Pd.,M.Pd dan I Gusti Ayu Putu Astini, S.Pd.,M.Sos, peserta dari Kompetensi Keahlian Perhotelan berjumlah 4 orang guru, Kompetensi Keahlian Kuliner, 3 orang guru, Kompetensi keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut serta Tata Busana masing-masing 2 orang guru. Kemudian peserta perwakilan dari guru umum sebanyak 4 orang, perwalilan dari guru BK, 2 orang dan dari staf tata usaha sebanyak 2 orang, kemudian dari siswa diwaliki oleh 2 siswa.

Kegiatan FGD dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 bertempat di ruang bangket SMKN 3 Denpasar. Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :

Output : Teridentifikasinya masalah  yang ada dalam komunikasi  intrapersonal  di SMKN  3 Denpasar, Teridentifikasinya  kekuatan  yang dimiliki  dalam  membangun komunikasi  dan penguatan teamwork, Teridentifikasi rencana strategis dalam penguatan teamwork

Outcome : Tersusun  rencana  kerja dan tindak  lanjut dari  kegiatan  FGD, Tersusun  rencana  penguatan teamwork dan Terlaksana kegiatan  penguatan  teamwork  melalui  strategi  implementasi efektif terhadap  kualitas layanan  organisasi  sesuai  tupoksi  masing-masing seperti  ( penelusuran  kepuasan  pelanggan,  publikasi  produk  inovatif, projek Tefa, MGMP dan PKB)